Cara Membuka Usaha Desain Grafis Kecil-kecilan di Rumah

Bagaimanakah cara membuka usaha desain grafis kecil-kecilan di Rumah? Pertanyaan seperti itu mungkin juga yang sedang anda cari tahu jawabannya. Pada artikel kali ini kami akan membahas topik tersebut, dan mengurutkan prosesnya secara step by step. Jadi, bagi anda yang sedang mencari referensi prihal proses / cara membuka usaha desain grafis kecil-kecilan di Rumah artikel ini sangar recommended, untuk itu silahkan membacanya sampai tuntas.

cara membuka usaha desain percetakan kecil kecilan

Desain grafis saat ini menjadi kebutuhan, baik untuk individu maupun instansi, tentu sesuai dengan bentuk produk desain grafis yang akan digunakannya, entah itu brosur, spanduk, surat undangan pernikahan, cuci cetak photo, dan produk desain grafis lainnya.

Sebelumnya, jika anda belum menguasai cara membuat desain menggunakan Photosop, kami sudah membuatkan panduan desain grafsi menggunakan photosop tersebut.

Memulai Usaha Desain Grafis Kecil-kecilan

Modal kadang yang sering dibicarakan ketika hendak memulai usaha, termasuk usaha desain grafis ini. Dan biasanya orang cenderung mengurungkan niatnya untuk membuka usaha manakala mengetahui modal yang dimilikinya tidak cukup besar dengan kebutuhan biaya untuk membuka usaha.

Kalau anda tidak memiliki cukup dana untuk membeli segala bentuk aset properti pendukung kegiatan usaha, maka jangan beli semua properti, tapi belilah properti yang benar-benar dibutuhkan saja.

Contohnya begini, untuk usaha desain grafis tentu banyak properti pendukung yang dibutuhkan, misalnya komputer yang support dengan aplikasi desain, mesin cetak desain grafis, material cetak seperti bahan spanduk, berbagai jenis kertas cetak, printer dengan kualitas baik, dan material lainnya sesuai produk desain yang akan anda buat. Belum lagi, kebutuhan aset tempat usaha (kioas, ruko, dll), listrik, dan seterusnya.

Kalau dihitung semua kebutuhan tersebut, tentu akan muncul angka yang sangat besar, karena properti pendukung tersebut rata-rata memiliki harga yang cukup mahal. Pun dengan tempat usaha dan kebutuhan daya listrik, baik dengan menyewanya atau kontrak.

Untuk itu, petakan kebutuhan properti pendukung yang paling dibutuhkan dan itu bisa mendukung jalannya usaha desain yang akan anda kelola. Dan dengan beberapa properti tersebut anda sudah bisa menjalankan usaha desain grafis secara kecil-kecilan.

Apa saja properti pendukung yang paling dibutuhkan dengan asumsi biaya tidak terlalu tinggi, dan itu memungkinkan anda mampu mengadakannya, baik membeli maupun kredit.

Dalam pandangan saya, beberapa properti pendukung usaha desain grafis yang harus ada dan dengan properti pendukung tersebut kita bisa menjalankan usaha desain grafis kecil-kecilan adalah;

  1. komputer (PC) dengan spesifikasi support aplikasi desain grafis @Rp. 7.500.000;
  2. printer warna dengan kualitas layak @Rp.3.500.000;
  3. berbagai jenis kertas untuk kebutuhan cetak foto, surat undangan @Rp. 1.000.000;
  4. sewa kios dan kebutuhan daya, asumsi kontrak 6 bulan @Rp. 3.000.000 an

Kalau dihitung kasar semuanya, anda membutuhkan modal kurang lebih 14.000.000an.

Angka tersebut masih cukup besar bagi pengusaha pemula dengan modal low cost. Maka anda bisa mensiasatinya dengan model kredit untuk pengadaan PC dan Printer, atau membeli yang second. Kalau anda mampu mencari PC, Printer second dengan harga yang seteangahnya, plus sewa kios yang bisa dicicil dengan harga murah maka anda sudah bisa menjalankan usaha desain grafis dengan biaya low cots tadi.

Tentu akan lebih mudah lagi jika properti yang dibutuhkan sudah anda miliki, misalnya anda masih punya PC yang support untuk kebutuhan aplikasi desain, masih punya Printer, dan tempat usaha yang akan anda jalani cukup di depan rumah saja.

Intinya, kalau mau membuka usaha yang lebih penting mulai aja dulu. Dengan modal PC saja sebenarnya sudah cukup, karena untuk kebutuhan mesin cetak anda bisa datang ke percetakan / offset, atau bekerjasama dengan pengusaha desain grafis lainnya, untuk sementara anda hanya melakukan pembuatan desainnya saja.

Memperkenalkan Usaha Desain

Promosi merupakan bagian penting dari kegiatan usaha, agar usaha yang anda mulai cepat diketahui orang lain dan anda bisa cepat mendapatkan pelanggan.

Beberapa cara promosi yang bisa anda gunakan untuk memperkenalkan usaha desain yang anda jalankan kepada khalayak, antara lain;

  • membuat spanduk promosi yang dipasang didepan tempat usaha anda
  • membuat stiker promosi yang bisa ditempel dikendaraan umum
  • mengajak saudara, tetangga, dan teman anda untuk mempromosikan usaha desain anda
  • dan jenis promosi lainnya, misalnya sering promo via sosial media, membuat website dan mempromosikannya menggunakan penayang iklan, dll

Begitupun dengan penataan tempat usaha anda, sebaiknya memiliki ciri khas yang menunjukan jenis usha anda, jadi pas orang melihat tempat usaha anda mereka dengan mudah menebak jenis usaha yang anda jalani. Sehingga tanpa membaca spanduk promosi pun orang yang melihat tempat usaha anda mereka sudah paham bahwa anda menjalankan usaha desain. Silahkan cari referensi tata letak / penataan ruang usaha desain anda melalui internet, atau dengan memodifikasi layout tempat usaha orang lain.

Penutup

Demikian artikel singkat kali ini tentang Cara Membuka Usaha Desain Grafis Kecil-kecilan di Rumah, semoga saja bisa memberi pencerahan, motivasi dan inspirasi. Terutama kepada anda yang saat ini akan memulai usaha desain grafis di rumah. Yang penting, mulai asaja dulu, dari yang anda miliki saat ini dan yang anda bisa lakukan saat ini untuk menjalankan usaha yang anda inginkan. Selamat mencoba, semoga sukses!

Dapatkan Buku Desain Grafis Photosop Sekarang juga!

Buku yang akan membuat anda jago desain grafis menggunakan Photosop
Cocok untuk siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Guru, Dosen, Instruktur lembaga kursus komputer, dan umum. Dijamin anda 100% bisa Photosop!
Tanya-tanya Dulu Chat WA 081319513609 (klik)