Jenis dan Ukuran Banner Untuk Promosi

Jenis dan Ukuran Banner Untuk Promosi-Bagi desainer grafis pemula tentu banyak yang belum tahu mengenai jenis-jenis banner, dan ukuran dari jenis banner tersebut. Untuk membuat banner tentu bebas saja, tidak perlu mengikuti standar jenis dan ukuran, asal proporsional dengan tempat meletakannya dan juga baudget yang tersedia.

Tetapi bagi desainer profesional akan memperhitungkan betul detail sebuah produk desain grafis pada saat akan membuatnya, salah satunya detail pembuatan produk media luar ruang banner ini, mereka akan menanyakan jenis banner yang akan dibuat, ukuran, dan akan ditempatkan dimana media tesebut kepada klien. Karenanya, mengetahui jenis-jenis banner dan ukurannya ini menjadi keharusan agar desain yang dibuat tempil proporsional dan memenuhi prinsip-prinsip desain grafis.

Jenis-jenis Banner dan Fungsinya

Banner merupakan salah satu media luar ruang, selain poster, brosur, pamplet. Banner memiliki banyak jenisnya. Setiap jenis banner tersebut memiliki fungsi promosi sesuai tempat meletakannya. Misalnya, kalau tempat meletakannya di ruang terbuka maka itu disebut standar banner / spanduk.

Sebelum membaca artikel, jika anda ingin menguasai cara membuat banner menggunakan Adobe Photosp tanpa harus kursus, kami sudah menyediakan Buku Desain Grafis Phtosop yang didalamnya terdapat materi membuat banner profesional. Dapatkan bukunya di halaman Toko Kami.

Berikut jenis-jenis banner yang sering ditemukan dalam berbagai kebutuhan promosi;

1). X-Banner

Jenis banner ini sering ditemukan depan layanan kantor, atau pameran. Diletakan dilantai dengan penopang / tiang berbentuk huruf X, karenanya disebut x banner. Memiliki satu penopang dibagian tengahnya.

jenis jenis x banner dan ukuran

Penopang dari X-Banner tersebut bisa digunakan beberapa kali. Untuk pemakaian ulang, tinggal mengganti desain bannernya saja.

Fungsi banner jenis X Banner sering digunakan sebagai media promosi yang diletakan di area indoor seperti lobi kantor / gedung, depan kantor pemasaran, depan stand pameran, dan kegiatan even organizer lainnya.

2). Y-Banner

Jenis banner yang satu ini tidak berbeda jauh dengan jenis banner nomor 1 diatas, yang membedakannya hanya pada bentuk penopang / tiang abnner tersebut. Kalau jenis X-banner penopangnya berbentuk huruf X, sedangkan pada jenis Y Banner penopangnya berbentuk Y.

contoh y banner dan ukuran

Lihat penopang, disitu nampak perbedaan antara X banner dan Y banner, pada Y Banner terdapat dua buah pengait dari penopang utama. Fungsi dari banner jenis Y Banner juga sama seperti fungsi pada jenis X Banner yakni sebagai media luar ruang yang lebih banyak diletakan didalam ruangan / indoor.

3). Roll Banner

Jenis banner yang satu ini berbeda dengan jenis X dan Y banner. Yang membedakannya adalah pada alat penggulung (roll) banner tersebut.

jenis jenis banner roll up

Penopang banner ini mirip penopang yang diguakan untuk whit screen proyektor. Penggunaanya tinggal menggulung ke atas atau kebawah.

Fungsi banner dengan jenis rool up, sebagai media promosi luar ruang yang diletakan di dalam ruangan / indoor, terutama ruangan dengan area tidak terlalu luas, misalnya didalam kantor.

4). Mini Banner

Jenis banner ini merupakan miniatur dari jenis X-Banner. Kenapa disebut miniatur karena ukurannya yang jauh lebih kecil dibanding dengan X-Banner. Sedangkan dari segi tampilan dan penopang sama persis dengan x banner, yakni menggunakan penopang berbentuk huruf X.

jenis banner mini x banner

Banner jenis ini sering digunakan sebagai media promosi luar ruang yang diletakan diatas meja kantor, atau meja customer service, atau meja salles marketing.

Macam-macam Ukuran Banner

Setelah mengetahui mockup jenis-jenis banner dan fungsinya, sekarang anda juga harus tahu berbagai macam ukuran dari masing-masing jenis banner.

1). Macam-macam ukuran X-Banner

Berbeda dengan pembuatan spanduk, anda bebas menentukan ukuran panjang lebarnya sesuai kebutuhan / tempat peletakan spanduk tersebut. Dalam pembuatan x banner anda harus benar-benar menyesuaikan dengan ukuran standar x banner.

Kenapa harus menyesuaikan dengan standar ukuran? Karena untuk x banner, anda akan menggunakan penopang yang tinggi lebarnya sudah baku.

Berikut macam-macam ukuran X-Banner:
80 x 180 cm
60 x 160 cm
60 x 120 cm
60 x 160 cm
25 x 40 cm

2). Macam-macam ukuran Y Banner

Macam ukuran Y Banner sama dengan X Banner, dengan ukuran standart yakni ukuran 60 x 160 cm dan ukuran 80 x 180 cm.

Berikut macam-macam ukuran Y-Banner:
80 x 180 cm
60 x 160 cm
60 x 120 cm
60 x 160 cm
25 x 40 cm

3). Macam-macam ukuran Roll Up Banner

Berbeda dengan jenis X dan Y Banner yang memiliki ukuran standar sama. Untuk Roll Banner memiliki 2 katergori ukuran, yaitu:

Roll Banner Standar

Yaitu kategori roll banner yang cara pemasangannya ditarik dari atas kebawah, memiliki ukuran standar:
60 x 160 cm
80 x 200 cm,
85 x 200 cm,
120 x 200 cm,
dan 150 x 200 cm.

Roll Banner Adjustable

Kategori banner rollup ajdustable memiliki perbedaan dari cara pemasangannya, yaitu dengan memutar kuncian yang terletak pada bagian tengah penyangga.

Ukuran standarnya: 160x160cm.

4). Macam-macam ukuran mini X Banner

Ukuran mini x banner standar yaitu;  26X38 cm, dan 25X40 cm.

Jenis-jenis Bahan Untuk Mencetak Banner

Sebelum mencetak, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bahan yang sering digunakan untuk mencetak banner di percetakan digital. Dan biasanya ketika desain hendak naik cetak, tukang cetak akan menanyakan bahan yang akan digunakan.

Berikut jenis-jenis bahan yang sering digunakan untuk mencetak banner.

1). Jenis Flexi China

Profil dari jenis bahan cetak banner flexi china:

  • Memiliki permukaan yang kasar, agak tipis dan berserat.
  • Sering dipakai untuk pembuatan spanduk outdoor.
  • Bahan Flexi China juga tersedia dalam berbagai gramasi tetapi vuasanya yang sering dipakai dalam digital printing adalah 260 gram, 280 gram serta 340 gram.
  • Bagus dan tahan lama untuk pembuatan banner outdoor dan indoor.

2).  Flexi Korea

Bahan cetak spanduk dan banner yang satu ini memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan Flexi China. Profil bahan cetak banner jenis flexi korea, antara lain:

  • Memiliki teksturnya yang lebih halus sehingga bisa menghasilkan cetakan yang lebih bagus.
  • Memiliki ketebalan yang baik tak jarang bahan ini sering dipakai untuk pembuatan media promosi baik itu spanduk maupun banner outdoor.
  • Flexi Korea tersedia dalam gramasi antara 250 sampai 400 gram.

3). Felxi Jerman

Kualitas bahan ini tak perlu diragukan lagi karena terbukti lebih bagus dibandingkan bahan Flexi China dan Korea. Berikut profil jenis bahan cetak banner Flexi Jerman:

  • Ketebalan Flexi Jerman sangat baik untuk pembuatan media iklan yang dipasang secara indoor dan outdoor.
  • Memiliki gramasi sekitar 230-400 gram membuat harga bahan ini memang lebih mahal tetapi sebanding dengan kualitas yang dimilikinya.
  • Karena harga bahan jenis ini mahal bahan ini jarang disediakan di percetakan kecuali percetakan besar dan lengkap.

4). Bahan cetak banner jenis Albatros

Albatros merupakan jenis bahan cetak banner yang memiliki tekstur  halus dan lembut sehingga sangat cocok dipakai untuk pembuatan media promosi indoor. Sering pula bahan ini sebagai media untuk mencetak foto dengan kuran besar tetapi pengaturannya harus dilakukan dengan cara tepat.

5). Bahan cetak banner jenis Luster

Profil bahan cetak banner jenis Luster, diantaranya:

  • Mempunyai tekstur yang agak kasar, mengkilap serta tipis.
  • Sering dipakai untuk pembuatan media iklan indoor seperti X Banner serta Roll Up Banner.
  • Memiliki permukaan mengkilap menjadikan bahan ini tidak perlu dilaminasi lagi.

6). Bahan cetak Banner jenis Easy Banner

Jenis ini jarang sekali digunakan, karena bahan ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Memiliki karakteristik bahan yang kaku dan kasar membuat jenis bahan ini biasanya dipakai untuk pembuatan standing banner outdoor.

7). Bahan Cetak jenis Banner Cloth

Jenis bahan cetak banner cloth mirip dengan kain karena bisa dipakai untuk cetak banner secara digital printing. Biasanya berbagai acara sering menggunakan banner cloth ini untuk diikat dengan balon dan diterbangkan, itu tak lain karena bahan ini sangat ringan.

Penutup Pembahasan

Demikian pembahasan mengenai Jenis, Ukuran dan Bahan Banner Untuk Promosi ini, semoga dengan membaca artikel ini anda memiliki pengetahuan dasar tentang propertis desain grafis khususnya pada kategori material pasca produksi.

Dapatkan Buku Desain Grafis Photosop Sekarang juga!

Buku yang akan membuat anda jago desain grafis menggunakan Photosop
Cocok untuk siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Guru, Dosen, Instruktur lembaga kursus komputer, dan umum. Dijamin anda 100% bisa Photosop!
Tanya-tanya Dulu Chat WA 081319513609 (klik)