Panduan Membuat Brosur di Photosop Untuk Pemula Sampai Mahir

Panduan Membuat Brosur di Photosop Untuk Pemula Sampai Mahir ini sangat cocok untuk menjadi panduan dalam membuat berbagai brosur promosi, terutama bagi anda yang baru belajar membuat desain grafis brosur, atau belum mngetahu cara  membuat brosur yang menarik dan memenuhi unsur-unsur dan prinsip desain grafis. Anda akan menemukan tips dan trik yang memandu anda meningkatkan kemampuan membuat desain brosur dari level pemula / newbie ke level mahir menuju profesional.

PANDUAN MEMBUAT DESAIN BROSUR DI PHOTOSOP CS UNTUK PEMULA

Sebelum mendapatkan panduan lengkap cara membuat desain brosur menggunakan Photosop, lengkapi pengetahuan terlebih dahulu dengan beberapa ulasan pengetahuan tentang brosur dibawah ini.

Fungsi dan Jenis-jenis Brosur

Apa itu Brosur?

Brosur merupakan lembaran kertas yang digunakan untuk menyampaikan informasi baik promosi usaha, sosialisasi, atau kampanye biasanya dilipat dau atau tiga, bahkan enam lipatan. Brosur merupakan salah satu media promosi jenis cetak yang paling sering digunakan untuk kampanye atau promosi baik promosi produk, promosi lembaga, dan jenis jasa/service lainnya.

Fungsi Brosur

Secara umum fungsi brosur tak lain untuk media promosi. Berikut beberapa fungsi utama dari brosur yang perlu anda ketahui:

1). Memberikan informasi kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.

2). Merupakan alat promosi yang menarik untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.

3). Merupakan penghubung antara pebisnis / pengusaha / lembaga dengan konsumen dalam hal informasi produk terbaru, atau layanan jasa lainya.

Jenis-jenis Brosur

Brosur juga banyak jenisnya. Jika anda mendapatkan tugas / proyek / order pembuatan desain brosur sebaiknya anda memahami juga jenis-jenis brosur tersebut agar tidak salah desain. Kesalahan desain dengan jenis brosur yang dipesan orang lain membuat reputasi anda buruk dimata konsumen.

Berikut jenis-jenis brosur yang harus anda ketahui:

1). Jenis brosur Flyer (brosur tanpa lipatan). Brosur tanpa lipatan biasanya berisi informasi yang singkat, padat dan jelas. Ukurannya relatif lebih kecil dibanding dengan ukuran brosur yang dilipat, ukurannya bisa sepertiga dari kertas HVS / legal. Tapi ada juga yang membuatnya 1/4 dari ukuran kertas A4.

2). Jenis brosur Bifold ( brosur dengan 2 lipatan). Jenis brosur ini selain menampilkan informasi berupa teks juga menampilkan gambar yang ukurannya lebih besar sehingga lebih menarik dan jelas bagi pembaca. Ukuran jenis brosur ini biasanya menggunakan ukuran kertas A4 ( 21 cm x 29,7 cm) dengan penggunaan semua lembar kertas (bolak balik).

3). Jenis brosur Trifold ( brosur dengan 3 lipatan). Jenis brosur ini paling banyak digunakan. Ukuran kertas yang digunakan umumnya Legal (21.59 x 33.02 cm) atau A4 ( 21 cm x 29,7 cm) dengan penggunaan semua permukaan kertas (bolak balik).

Hal Penting dalam Membuat Brosur

Kemampuan mendesain brosur saja tidak cukup, anda perlu mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah brosur. Apa saja hal-hal penting tersebut?

1). Perhatikan ciri khas dari produk / lembaga yang akan anda promosikan dalam desain brosur yang akan anda buat. Contohnya sebuah lembaga berbasis agama tertentu identik dengan warna tertentu, maka pendekatan elemen ini perlu anda perhatikan.

2). Siapkan konten yang akan dimasukan kedalam desain brosur, terdiri dari informasi berupa teks, image (foto, logo, dan image lainnya) pilih konten yang tepat sesuai informasi yang dibutuhkan oleh target potensial promosi anda.

3). Pilih jenis font yang mudah dibaca (reability), dan sesuaikan ukuran antara judul, sub judul dan teks paragrafh.

4). Jangan sampai lupa untuk menyertakan alamat dan kontak, sebab ini merupakan informasi penting dalam sebuah desain brosur.

5). Pilih jenis kertas cetak yang tepat. Jangan sampai desainnya sudah bagus, tapi pemilihan jenis kertasnya tidak tepat maka hasil akhir dari susah payah anda dalam mendesain brosru akan berakhir dengan kekecewan, maka pilihlah kertas yang tepat.

Jenis-jenis Kertas untuk Cetak Brosur

Sebaiknya anda juga mengetahui tentang jenis-jenis kertas sebagai alternatif pilihan jenis kertas sebelum brosur yang anda desain naik cetak. Pada umum nya ada dua jenis kertas yang digunakan untuk cetak brosur yaitu HVS dan Art Paper.

1). Jenis kertas HVS.

Jenis HVS merupakan kertas yang paling umum digunakan untuk berbagai kebutuhan printing. HVS juga bisa untuk cetak brosur yang bisa anda cetak dengan mesin printer biasa atau menggunakan digital printing.

Kertas HVS yang digunakan pun beragam jenis ketebalannya (gramatur). Kertas HVS paling tipis dan ekonomis adalah 60gr. Untuk kertas HVS standar adalah 80gr. Ukuran kertas jenis HVS adalah A4 (quarto), A3 dan F4 (folio).

2). Jenis kertas Art Paper.

Art paper (AP) merupakan  kertas yang sering digunakan untuk cetak brosur. Berbeda dengan HVS, kertas jenis ini tidak bisa dicetak dengan menggunakan printer rumah biasa, karena kertas ini hanya bisa dicetak oleh mesin digital printing atau mesin offset.

Teksturnya licin di kedua sisi nya dan mengkilap sehingga sangat menarik dan elegan untuk sebuah brosur. Untuk ketebalannya terdiri dari 100gr, 120gr, dan 150gr. Jenis kertas ini sangat direkomendasikan untuk bahan cetak brosur anda, selain cukup bagus juga harganya relatif lebih murah dan berkualitas baik.

Panduan & Cara Membuat Desain Brosur di Photosop

Bagian artikel ini yang anda tunggu tentunya, yaitu panduan & cara membuat desain brosur menggunakan aplikasi desain grafis Adobe Photosop.

1). Tahap Pra Produksi

Tahap ini merupakan tahap awal dalam pengerjaan sebuah desain produk multimedia, salah satunya desain brosur ini. Pada tahap ini anda diharapkan mencari tahu dan mengumpulkan apa saja yang akan dituangkan kedalam desain brosur.

Apa saja yang anda cari tahu dan harus dikumpulkan?

Informasi berupa teks (misalnya profil perusahaan / lembaga, daftar harga / biaya, portofolio, prestasi, alamat & kontak) dan informasi teks lainnya sesuai keinginan klien.

Informasi berupa image (misalnya foto-foto yang dianggap relevan dengan kebutuhan promosi seperti foto produk, foto team, foto gedung, dan lainnya).

Setalah semua informasi ada dalam direktori projec anda, tahap berikutnya buatlah sketsa brosrur menggunakan pensil dan kertas putih. Cukup sketsa kasar saja, ini untuk memudahkan anda dalam proses desain menggunakan komputer. Kalau anda tidak suka dengan membuat sketsa, bisa melewatkannya dan langsung mengeksekusinya di komputer.

2). Tahap Produksi

Bahannya sudah lengkap untuk konten brosur, termasuk sketsa yang sudah disetujui klien. Maka selanjutnya tinggal mengeksekusinya menggunakan komputer, tentu dengan aplikasi desain grafis yang anda kuasai. Dan untuk panduan kali ini aplikasi desain grafis yang akan digunakan adalah Adobe Photosop.

Langkah-langkah Membuat Desain Brosur di Photosop

Untuk langkah-langkah teknis pembuatan desain brosur di Photosop kami sudah membuatkannya dalam bentuk buku.

Anda tinggal mengikuti step by step urutan langkah proses pembuatan desain brosur tersebut dengan mudah. Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa harus bertanya kepada orang lain, atau mengikuti kelas kursus desain, cukup melihat dan mengikuti langkah-langkah yang kami buat dengan sangat jelas lengkap dengan gambar petunjuknya. Buku ini merupakan panduan cara mudah belajar photosop bagi pemula yang didalamnya terdapat panduan lengkap membuat brosur.

Panduan membuat desain brosur dalam buku yang kami buat tersebut, bisa dipelajari oleh level pemula (yang baru belajar Photosop) atau yang baru menguasai dasar-dasar photosop (tingkat mahir).

Buku desain grafis Photosop ini bisa anda dapatkan pada halaman Toko Kami.

Penutup

Demikian info mengenai Panduan Cara Membuat Brosur di Photosop Untuk Pemula Sampai Mahir ini semoga menjadi referensi informasi bagi anda yang sedang belajar membuat desain brosur. Silahkan mengunjungi laman toko kami, dan dapatkan informasi lengkap mengenai daftar isi dan sinopsi dari buku desain grafis photosop yang kami buat. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Buku Desain Grafis Photosop Sekarang juga!

Buku yang akan membuat anda jago desain grafis menggunakan Photosop
Cocok untuk siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Guru, Dosen, Instruktur lembaga kursus komputer, dan umum. Dijamin anda 100% bisa Photosop!
Tanya-tanya Dulu Chat WA 081319513609 (klik)