Panduan Membuat Spanduk di Photosop Dengan Mudah

Panduan Membuat Spanduk di Photosop Dengan Mudah ini cocok untuk anda yang baru mengenal aplikasi desain grafis Photosop. Dan terutama bagi anda yang sedang belajar membuat desain spanduk. Dengan Photosop anda bisa membuat berbagai jenis spanduk yang menarik dengan lebih mudah dibanding menggunakan aplikasi desain grafis lainnya.

panduan cara membuat spanduk di phtosop cs cc

Spanduk merupakan salah satu media luar ruang jenis cetak yang banyak kita temukan di tempat tertentu, terutama tempat dengan akses strategis dari keramaian. Spanduk biasanya berisi informasi tertentu dari suatu lembaga ataupun kelompok masyarakat tertentu.

Pengertian dan Fungsi Spanduk

Spanduk adalah kain/atau bahan cetak digital lainnya yang berisi informasi baik berupa propaganda maupun berita. Untuk propaganda contohnya spanduk promosi produk, spanduk calon legislatif, spanduk calon presiden, spanduk penerimaan siswa baru, spanduk kegiatan seminar, spanduk kegiatan organisasi keagamaan, dan lain sebagainya.

Dulu, bahan spanduk dari kain dan konten spanduk cuma berisi teks saja dengan kombinasi beberapa warna saja yang kontras dengan warna latar bahan spanduk, dikerjakan denga cat dan sablon. Tapi saat ini seiring munculnya teknologi digital printing, bahan spanduk tidak lagi menggunakan kain melainkan menggunakan bahan cetak digital printing sperti poly, flexi, albartos, luster dan cloth denga konten gambar dan kombinasi warna yang variatif dengan pengerjaanya menggunakan mesin cetak digital yang canggih.

Fungsi spanduk sendiri adalah sebagai media promosi baik berupa produk/jasa, acara, sekolah dan lain sebagainya. Selain itu spanduk juga merupakan media promosi yang murah dan sangat efektif. Dengan melihat spanduk yang menarik, konsumen akan tertarik untuk membeli produk atau jasa yang dicantumkan dalam spanduk.

Tips Penting Dalam Membuat Spanduk

Ada beberapa point penting dalam pembuatan spanduk, dan ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi para desainer pemula. Point-point penting ini jika ada yang dilewati atau tidak diperhatikan, maka dipastikan hasil desain pasca naik cetak akan mengecewakan.

Point-point penting yang harus diperhatikan betul dalam pembuatan spanduk:

1). Siapkan konten spanduk. Jangan sampai mencari-cari konten spanduk pada saat desain, hal ini akan mengganggu dan memperlambat proses desain. Konten spanduk itu berupa informasi yang akan ditampilkan pada spanduk baik berupa teks maupun gambar (vektor, foto, dan bentuk bitmap lainnya). Untuk gambar disarankan memiliki ukuran resolusi yang besar, hal ini untuk menghindarkan gambar buram pada saat naik cetak.

2). Perhatikan ukuran spanduk yang akan dibuat. Perhatikan betul ukuran pada projec desain anda, kesalahan dalam menentukan ukuran akan berakibat fatal pada saat spanduk tersebut naik cetak, seperti ukuran tidak sesuai (kelebaran atau ketinggian) dan buram / blur sehingga tidak nyaman dilihat. Untuk desainer pemula sebaiknya menggunakan ukuran sebenarnya pada saat mendesain spanduk. Kalau ukurannya 4 m x 6 m maka gunakan saja ukurannya 400 cm x 600 cm jangan menggunakan perbandingan skala. Tapi jika anda sudah profesional, silakan guakan skala, hal ini untuk mengurangi beban RAM dan Grafhic komputer anda. Lihat jenis dan ukuran banner promosi.

3). Perhatikan resolusi dan mode RGB / CMYK. Default resolusi photosop adalah 72px dan mode warna di Photosop adalah RGB, untuk itu ubahlah resolusi menjadi 200 atau 300 jika ukuran desainnya kecil dan biarkan default atau ubah ke 96 atau 100px/inch jika ukurannya lebih besar dari 2 meter kecuali komputer anda memang mempunyai spek mumpuni. Ubahlah mode RGB ke mode CMYK pada saat anda akan membuat desain spanduk. Sebab mode RGB adalah untuk mode layar monitor, sedangkan mesin digital printing mengenal mode warna CMYK, sehingga apabila kita menggunakan RGB pada saat naik cetak kemungkinan akan dirubah ke mode CMYK sedangkan yang diserahkan ke percetakan biasanya format jadi, sehingga akan mengurangi kualitas warna spanduk setelah naik cetak.

4). Perhatikan prinsip-prinsip desain grafis. Bagi anda yang pernah belajar desain komunikasi visual ataupun multimedia pasti memahami prinsip-prinsip desain grafis tersebut. Tapi bagi anda yang belajar desain secara outodidak, tentu prinsip-prinsip ini hanya bersifat intuisi pribadi saja alias mengandalkan insting. Prinsip-prinsip desain grafis itu meliputi harmoni (kontiunitas, pengulangan, ritme, dll), keseimbangan (simetris, asimetris, radial), hirarki (sarang, bobot, dll), skala/proporsi (ukuran,rasio), dominasi (warna, ukuran), dan kontras (gelap, terang). Prinsip-prinsip tersebut diimplementasikan dalam wujud kesesuaian tiap element pada desain sehingga terlihat proporsioal.

5). Perhatikan ketelitian. Desain proporsional itu penting, tapi ketelitian juga sangat penting. Jangan sampai ada salah ketik ejaan huruf dan menyadarinya pada saat spanduk sudah dicetak.

6). Perhatikan warna. Hati-hati dengan pilihan warna, sebaiknya pelajarilah warna dengan detail. Ingat, warna pada layar monitor tidak sama persis dengan warna pada saat spanduk sudah dicetak. Untuk itu bertanyalah pada senior, atau pengalaman akan membuat anda bijak dalam memilih warna.

7). Perhatikan pula bahan cetak yang akan anda pilih pada saat desain spanduk anda naik cetak. Ada banyak jenis bahan untuk cetak spanduk, untuk itu pilihlah yang terbaik, jangan sampai lelah letih anda dalam mendesain spanduk sia-sia hanya karena kesalahan dalam memilih bahan cetak spanduk. Tentu bahan yang baik korelasinya dengan budget, maka sesuaikanlah proporsi desain dengan budget.

8). Perikasa kembali hasil akhir desain spanduk. Teliti kembali hasil akhir desain spanduk anda, apakah ada gambar yang pecah atau blur, atau apakah ada detail lainnya yang dirasa tidak perlu untuk ditampilkan, dan lain sebagainya sehingga pada saat naik cetak desain anda adalah desain final. Kemudian exportlah desain spanduk anda kedalam format JPEG, TIFF, atau EPS. Jangan lupa simpan master desain spanduk anda untuk jaga-jaga kalau suatu saat akan digunakan lagi, jadikanlah master spanduk anda sebagai aset desain anda untuk kebutuhan jangka panjang.

Cara Membuat Spanduk di Photosop

Setelah mengetahui tips-tips penting yang wajib diperhatikan betul oleh para desainer grafis, terutama para desainer pemula yang akan membuat spanduk, berikutnya langkah-langkah praktikum bagaimana mendesain spanduk di Photosop.

Langkah-langkah membuat spanduk di photosop:

1). Buka jendela kerja Photosop

2). Buat ukuran, misalnya anda akan membuat spanduk dengan ukuran 2,5 meter x 5 meter. Pada width masukan 500 cm, pada height masukan 250 cm. Pada resolutin masukan 96px/inc, pilih mode CMYK.

3). Buat layer baru untuk warna dasar spanduk, pilih warna dasar yang sesuai.

4). Buat line grid untuk mempermudah dalam pengaturan tata letak desain

Untuk langkah 5 dan seterusnya kami sertakan dalam Buku Desain Grafis Photosop. Untuk mendapatkan buku tersebut langsung saja menuju halaman Toko Kami.

Dalam buku desain grafis photosop tersebut, ana akan belajar penggunaan aplikasi desain grafis Photosop untuk berbagai pembuatan project desain. Buku ini dibuat untuk panduan dan cara mudah belajar Photosop level pemula sampai mahir. Untuk materi lebih lengkap mengenai buku ini, silahkan melihat review dan daftar isinya pada laman toko kami tersebut.

Penutup Bahasan

Demikian artikel kali ini mengenai panduan dan cara membuat spanduk di photosop cs cc, semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi pengunjung semuanya. Terutama bagi yang sedang belajar aplikasi desain grafis Photosop dan sedang belajar membuat spanduk di aplikasi Photosop tersebut. Semoga sukses dan bisa menghasilkan spanduk yang proporsional.

Dapatkan Buku Desain Grafis Photosop Sekarang juga!

Buku yang akan membuat anda jago desain grafis menggunakan Photosop
Cocok untuk siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Guru, Dosen, Instruktur lembaga kursus komputer, dan umum. Dijamin anda 100% bisa Photosop!
Tanya-tanya Dulu Chat WA 081319513609 (klik)