SKKNI Desain Grafis

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau disingkat SKKNI merupakan standar yang dibuat untuk mengukur kemampuan lulusan pelatihan sesuai bidang yang dipelajarinya, baik di lembaga kursus, pusat latihan, maupun lembaga formal seperti sekolah kejuruan. Dengan mengacu kepada SKKNI diharapkan peserta / siswa dapat bersaing di bursa kerja sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Dalam artikel kali ini kita akan melihat seperti apa SKKNI bidang Desain Grafis.

skkni desain grafis terbaru

Bagi anda yang akan belajar Desain Grafis, atau perancang kurikulum di lembaga pelatihan, lembaga pendidikan, dan balai latihan kerja lainnya yang menyelenggarakan pelatihan Desain Grafis diharapkan untuk mengikuti standar kompetensi yang tercantum dalam SKKNI Desain Grafis yang sudah diterbitkan oleh Pemerintah. Perlu diketahui juga, bahwa SKKNI ini selalu diperbaharui, karenanya lembaga yang berkepentingan dengan SKKNI ini diharapkan untuk selalu memperbarui informasi terkait SKKNI.

Fungsi SKKNI Desain Grafis

Fungsi SKKNI Desain Grafis yang telah disusun, dan telah mendapatkan pengakuan oleh para pemangku kepentingan akan digunakan sebagai acuan:

  1. Menyusun uraian pekerjaan dibidang desain grafis.
  2. Menyusun dan mengembangkan program pelatihan dan sumber daya manusia dibidang desain grafis.
  3. Menilai unjuk kerja seseorang pada bidang desain grafis.
  4. Sertifikasi profesi di tempat kerja pada bidang desain grafis.

Peserta pelatihan, atau siswa yang telah menguasai standar kompetensi Desain Grafis yang telah ditetapkan dalam SKKNI Desain Grafis maka peserta / siswa tersebut dianggap mampu untuk:

  1. Mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan dibidang desain grafis.
  2. Mengorganisasikan agar pekerjaan dapat dilaksanakan.
  3. Menentukan langkah apa yang harus dilakukan pada saat terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula pada bidang desain grafis.
  4. Menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan dibidang desain grafis

Lampiran Berkas SKKNI Desain Grafis

Menteri tenaga kerja dan transmigrasi Republik Indonesia merupakan otoritas yang menerbitkan surat keputusan tentang penetapan SKKNI, termasuk SKKNI Desain Grafis.

Dalam lampiran berkas Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut, tercantum proses yang dilakukan dalam pembuatan SKKNI Desain Grafis. Lampiran berkas SKKNI yang akan anda unduh, merupakan lampiran pada surat keputuasn menkertrans nomor 109/MEN/VI/2010.

Unduh file disini: SKKNI 2010-109 – Desain Grafis

Apabila ada perubahan, atau pembaruan terkait SKKNI Desain Grafis ini, silahkan anda upgrade SKKNI ke SKKNI yang terbaru tersebut.

Dimana anda bisa melihat, atau mendapatkan informasi terbaru mengenai SKKNI desain grafis terbaru?

Selain di website bukudesaingrafis ini, anda dapat melihat dan mendapatkannya di:

1). Situs: https://bpptik.kominfo.go.id/skkni/

2). Situs: https://kemenperin.go.id/kompetensi/skkni_idx.php

3). Situs: https://bnsp.go.id/skk

4). https://lsp-ipi.org/

5). https://jdih.kemnaker.go.id/skkni.html

Buku Desain Grafis Photosop dan SKKNI

Dalam pembuatan bahan ajar hendaknya mengacu kepada standar yang ditetapkan pemerintah, agar outputnya memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan SKKNI, dan dapat di nilai dan mendapatkan sertifikat sesuai bidang keahlian, dan yang lebih penting dapat bersaing di dunia kerja sesuai bidang keahlian yang dipelajarinya.

Buku merupakan salah satu bahan ajar yang semestinya dibuat dengan memperhatikan standar-standar yang telah ditetapkan pemerintah tersebut, yaitu SKKNI.

Buku desain grafis Photosop yang kami buat, mendekati point-point yang ditetapkan dalam SKKNI Desain Grafis, sekalipun ada materi tertentu yang tidak mengacu kepada SKKNI, tetapi secara keseluruhan mendekati point penting dalam SKKNI sehingga yang menggunakan buku ini outputnya memiliki kompetensi desain grafis sesuai point-point yang terdapat pada SKKNI tersebut.

Bagi anda yang ingin melihat, dan ingin mendapatkan Buku Desain Grafis Photosop standar SKKNI yang kami buat ini silahkan mengunjungi Toko Kami disini!

Untuk bahan penguatan, buku hanyalah bahan ajar, tidak berdiri sendiri, perlu dilengkapi dengan pendukung belajar lainnya baik buku sumber lain, buku referensi, dan media ajar yang relevan, termasuk profesional instruktur / guru pembimbing praktiknya.

Penutup

SKKNI Desain Grafis merupakan standar yang ditetapkan Pemerintah, agar penyelenggara pelatihan desain grafis, baik formal maupun non formal, atau informal untuk menyesuaiakn materi pelatihan desain grafis dengan point-point standar kompetensi pada SKKNI. Anda boleh menaikan standar materi yang diajarkan dari point materi di SKKNI, tetapi jangan mengurangi atau berbeda dengan SKKNI tersebut. Agar materi pelatihan yang anda selenggarakan dapat dipertanggungjawabkan secara regulasi, dan output yang dihasilkan dapat bersaing di dunia kerja pada bidang desain grafis.

Dapatkan Buku Desain Grafis Photosop Sekarang juga!

Buku yang akan membuat anda jago desain grafis menggunakan Photosop
Cocok untuk siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Guru, Dosen, Instruktur lembaga kursus komputer, dan umum. Dijamin anda 100% bisa Photosop!
Tanya-tanya Dulu Chat WA 081319513609 (klik)