Usaha Disain Grafis Yang Bisa Dilakukan di Rumah Dengan Modal Terjangkau

Mempunyai keterampilan di bidang desain grafis memang menguntungkan. Setidaknya anda bisa menciptakan peluang bisnis sendiri di rumah. Anda bisa membuka berbagai layanan jasa atau produk siap jual yang dibuat menggunakan kecakapan anda dalam desain grafis.

web buku desain grafis

Dalam artikel ini saya, akan menampilkan beberapa contoh usaha desain grafis yang bisa dikerjakan / dilakukan di rumah sendiri, ditempat kostan, kontrakan atau tempat lainnya yang memungkinkan. Beberapa jenis usaha desain grafis ini juga tidak memerlukan modal yang gede, artinya masih bisa terjangkau oleh siapa saja.

Jenis-jenis Usaha Desain Grafis Rumahan

Apa saja jenis usaha desain grafis yang bisa dilakukan di Rumah tersebut?

1. Usaha Jasa Cetak Photo, Scan dan Print.

Jasa cetak foto, Scan dokumen dan Print ini bisa dilakukan di rumah, baik dikerjakan secara total, artinya anda benar-benar membuka jasa cetak foto, atau dengan nyambi, misalnya anda jualan pulsa dan voucher perdana sampingannya adalah jasa cetak foto ini.

Usaha cetak foto bagian dari desain grafis loh. Karena anda menggunakan software desain grafis semacam photosop atau sejenisnya yang bisa digunakan untuk pengeditan foto. Kemampuan memanipulasi dan merakyasa foto juga bagian dari skil seorang desain grafis.

Modal untuk membuka usaha jasa cetak foto ini juga terbilang murah. Anda hanya memerlukan Laptop / PC dengan spek yang tidak terlalu tinggi, dan Printer.

Dan saya yakin, orang yang suka desain sudah memiliki perlengkapan tersebut sebelum mereka memutuskan untuk membuat usaha, jadi anda tinggal menata tempat di rumah anda, kemudian membuat media promonya baik banner ataupun media promo lainnya.

2. Usaha DesainTumbler Insert Paper

Apa sih tumbler insert paper itu? Yaitu botol minuman (bahasa inggrisnya tumbler) yang didalamnya terdapat kertas dengan berbagai desain. Biasanya desain foto sendiri, foto keluarga, foto dengan pacar, atau logo instansi.

Biasanya botol-botol ini digunakan untuk cinderamata, atau untuk kenang-kenangan. Tapi ada juga yang sengaja membuatnya untuk memenuhi keinginannya saja. Untuk cinderamata biasanya digunakan pada acara seminar, pembukaan kantor baru, atau pernikahan, atau bisa juga untuk kado ulang tahun.

Bisnis tumbler insert paper ini cukup mudah, murah, dan menguntungkan.

Disebut mudah, karena tidak memerlukan skil desain yang tinggi. Murah, biaya untuk usaha ini cukup terjangkau, modalnya sama komputer dan printer, medium botolnya tinggal order dalam partai grosir yang harganya juga bisa terjangkaulah. Menguntungkan, karena banyak peminatnya, disukai lintas umur dan profesi karenanya ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan.

Cara memasarkannya juga gampang, bisa dipajang di toko anda, atau dari mulut ke mulut. Bisa juga memanfaatkan sosmed.

3. Usaha Desain Foto Artistik

Usaha ini juga termasuk jenis usaha menggunakan keterampilan desain grafis, yaitu mendesain foto menjadi tampil artistik. Biasanya foto direkayasa atau dimanipulasi dan diberi efek, atau banyak istilah yang biasa digunakan misalnya line art, sketch, dan lain sebagainya.

Foto-foto yang sudah diedit terebut biasanya dibingkai atau ditempel di medium lainnya, seperti jam dinding, kalender, dan medium lainnya sehingga bisa dipajang di meja kantor atau di dinding rumah.

Atau ada juga yang mengkhususkan untuk jasa edit foto bareng artis. Ini bagian dari rekayasa foto, yaitu menempel foto orang dengan artis, dengan keterampilan manipulasi dan efek foto yang bagus seolah-olah foto tersebut asli.

4. Jasa Desain Spanduk, Brosur, Surat Undang dan Media Luar Ruang lainnya

Ada banyak pasar untuk jasa desain spanduk, brosur dan media luar ruang lainnya. Tugas anda hanya mendesain berbagai pesanan spanduk, brosur, surat undangan pernikahan, dan media luar ruang lainnya. Tentu setelah desain selesai harus naik cetak, nah untuk urusan cetak serahkan saja ke orang lain yang punya percetakan / digital printing. Dan setelah selesai cetak, orderan pun siap diserahkan ke konsumen.

Tentu anda harus memperhitungkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk jasa desain, cetak, ongkos ke percetakan, termasuk modal lainnya yang mau dihitung untuk memperoleh keuntungan dari jasa yang anda tawarkan ke konsumen.

Baca panduan membuat desain brosur di photosop untuk pemula sampai mahir

Kebutuhan Alat dan Modal Usah Desain Grafis Rumahan

Sekarang kita perhitungkan apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang jenis usaha desain grafis yang kita pilih, yang kita butuhkan tentu alat-alat seperti komputer, printer, scanner, atk, dan pendukung lainnya. Tentu alat-alat tersebut perlu kita beli, dan karenanya kita harus mengetahuinya untuk mempersiapkan kebutuhan biayanya.

1. Kebutuhan Alat-alat Penunjang Usaha Desain Grafis

Alat-alat pendukung untuk kelancaran usaha desain grafis rumahan, antara lain:

  • PC/Laptop
  • Printer
  • Scanner

Nah tiga piranti tersebut yang paling utama harus ada. Karena tanpa piranti tersebut mustahil anda bisa membuat berbagai desain grafis. Sekarang kita cari tahu spesifikasi yang sesaui untuk kebutuhan desain grafis tersebut.

Selain ketiga piranti tersebut masih ada lagi sebenarnya yang harus disiapkan, minimal kursi dan meja. Kemudian ATKnya, seperti kertas Photo kalau bisnisnya cetak foto, kaos polos untuk distro, dan lain sebagainya.

2. Biaya / Modal

Untuk pertamakali menjalankan bisnis desain grafis di rumah sendiri, tentu sebisa mungkin meminimalisir modal. Jangan gede-gede dulu, yang penting yang pokok-pokok terpenuhi.

  • PC/Laptop. Untuk piranti ini tentunya harus support dengan perangkat lunak yang sering digunakan untuk pembuatan berbagai desain grafis. Perangkat lunak yang digunakan untuk desain grafis seperti Adobe Photosop, AI, Indesign dan Corel umumnya memerlukan spek komputer yang mumpuni, karenya kita harus memperhatikan betul spek. Untuk amannya spesifikasi komputer untuk desain grafis itu CPU 4Core, SO 64 bit, RAM 8 Gb, dan penyimpanan minimal 1 Tera. Harga untuk kebutuhan spek komputer seperti ini kurang lebih 8 Jutaan.
  • Printer. Untuk kebutuhan cetak foto sekarang bisa menggunakan Printer yang memiliki kualitas bagus untuk kebutuhan cetak foto. Harga printer untuk kebutuhan ini variatif mulai dari 1,7 Juta sampai 17 Jutaan juga ada. Maka untuk awalan pilih budget terendah, yaitu 1,7 Jutaan.
  • Scanner. Yang ini memang tidak selalu diperlukan, kecuali anda membuka jasa scan dokumen, maka beli scan yang sangat terjangkau, harganya sekitar 850 ribuan.

Total biaya untuk kebutuhan piranti komputer, printer dan scanner saja kurang lebih 11 jutaan. Ternyata biayanya cukup mahal untuk modal awal bisnis desain grafis rumahan. Makanya siasati piranti-piranti tersebut dengan biaya yang paling terjangkau.

Mungkin bisa dengan membeli piranti setengah pakai (second), atau kalau sudah punya tinggal menggunakan piranti yang dipunya tersebut.

Penutup Pembahasan Usaha Desain Grafis Rumahan ini

Ada banyak ide usaha desain grafis yang bisa dikerjakan di Rumah. Baik sebagai usaha inti maupun usaha sampingan saja. Usaha desain grafis sangat prospektif mengingat kehadiran media informasi yang semakin mementingkan kebutuhan desain grafis. Tinggal bagaimana kita melihat peluang-peluang bisnis desain grafis yang bisa dijalankan. Modal bisanya menjadi kendala / hambatan untuk pebisnis pemula, tapi untuk usaha desian grafis anda bisa meminimalisirnya, salah satunya dengan menggunakan piranti yang sudah dimiliki terlebih dahulu. Selamat mencoba, semoga sukses!

Dapatkan Buku Desain Grafis Photosop Sekarang juga!

Buku yang akan membuat anda jago desain grafis menggunakan Photosop
Cocok untuk siswa SMA/SMK, Mahasiswa, Guru, Dosen, Instruktur lembaga kursus komputer, dan umum. Dijamin anda 100% bisa Photosop!
Tanya-tanya Dulu Chat WA 081319513609 (klik)